Kisah Tiga Buah Coca-Cola….

Teringat ketika saya membaca sebuah buku berjudul “A gift from A friend” dan dibuku itu saya menemukan sebuah kisah yang cukup menarik. Alhamdulilah bisa saya sharekan di blog ini. Berikut kisahnya…

Awal kisah ada tiga buah minuman coca-cola yang diproduksi dalam sebuah pabrik yang sama. Sebut saja Cola A, Cola B dan Cola C. Setelah diproduksi mereka segera dikirim ke tempat-tempat tujuan untuk segera diperjual belikan. Cola A dikirim ke tempat penjual asongan, Cola B ditempatkan di sebuah café sedangkan Cola C dikirim ke salah satu pusat kota di hotel berbintang 7. Ternyata masing-masing Cola dilabel dengan harga yang berbeda ketika mereka dijual dan sampai ke tangan konsumen. Cola A di penjual asongan dijual dengan harga Rp 3000, namun Cola B yang berada di café dilabel dengan harga jual Rp 10000 dan Cola C yang dikirim di hotel berbintang 7 dijual dengan harga Rp 50000.

Ada hal yang menarik dari cerita ini yang sederhana ini, ketika Coca-cola diproduksi pada satu pabrik yang sama dengan bentuk fisik yang sama, rasa yang sama namun ketika mereka ditempatkan di sebuah tempat tertentu untuk diperjualbelikan harga jual mereka berbeda satu sama lain. Dalam hal ini pengaruh lingkungan begitu menentukan harga jual mereka.

Begitu juga dengan manusia, manusia yang sama dengan kemampuan yang sama, sifat dan tingkah laku yang sama bahkan mungkin dengan wujud fisik yang sama, nilai mereka bisa menjadi berbeda ketika mereka ditempatkan di lingkungan tertentu. Lingkungan tertentu baik lingkungan pergaulan, kerja dan tempat lain yang kita sekarang tempati begitu sangat mempengaruhi dengan kepribadian/nilai yang kita miliki. Oleh karena itu, pandai-pandailah memilih lingkungan yang baik agar nilai yang kita miliki menjadi sama baiknya atau lebih baik lagi nilai kita menjadi meningkat lebih baik lagi ibarat Cola C yang sama-sama diproduksi di pabrik yang sama namun menjadi lebih mahal ketika di tempatkan disebuah hotel berbintang 7.

 Semoga bermanfaat…

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s