Evolusi Waktu

evolution_of_music_wall_clock_Aku berkaca pada diri, ternyata sudah berubah. Tak  terkira roda-roda waktu seakan-akan membunuh semuanya. Membunuh? Iya, masa-masa itu, tertawa itu, nakal itu, manja itu, kepolosan itu, permainan-permainan itu, dunia itu. Ah…, kau sudah terjalur bergulir secepat ini, bisakah kau berhenti 1 detik saja. Biarkan aku  istirahat sejenak. Biarkan aku menghirup udara segar itu.

Inikah evolusi? Kau tak hanya merenggut fisikku saja, perubahan bayi sampai aku sebesar ini. Tetapi evolusi waktu dimana saat-saat dulu dituntun, ditatih sedemikan rupa sehingga terasa ringan kaki ini berjalan dan kini harus berdiri tegap berjalan menghadapinya sendiri tantangan demi tantangan yang terkadang berat bahkan terasa lelah untuk melangkah lagi. Dengan jiwa tegar, aku menyadari inilah lika-liku kehidupan. Ada saatnya kita bahagia, ada saatnya kita susah, suatu waktu kita berada di atas dan disaat nanti kita akan berada dibawah, ada saatnya kita dimanja dan ada saat pula kita memang harus berjalan sendiri. Terima kasih evolusi waktu, kau telah menghantarkanku ke masa-masa ini, biarkan ini berjalan, biarkan ini menjadi episode-episode kehidupan  yang suatu saat nanti menjadi sebuah buku perjalanan hidup sampai suatu saat nanti episode ini pun akan berakhir sejalan dengan akhir dari hayat ini. Jangan pernah takut, karena ada sosok kekuatan maha dasyat yang akan selalu menemani kita berjalan mengarungi lika-liku kehidupan ini. Dialah Allah swt dan biarkan  waktu ini berputar mengevolusi diri kita, mengevolusi agar kita menjadi seorang yang lebih baik lagi. 🙂

“Saya tak tahu, berapa waktu yang tersisa untuk saya. Satu jam, satu hari, satu tahun, sepuluh, lima puluh tahun lagi? Bisakah waktu yang semakin sedikit itu saya manfaatkan untuk memberi arti keberadaan saya sebagai hamba Allah di muka bumi ini? Bisakah cinta, kebajikan, maaf dan syukur selalu tumbuh dari dalam diri, saat saya menghirup udara dari Yang Maha?”
― Helvy Tiana RosaRisalah Cinta

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s